08119961979 [email protected]

Seberapa penting Anda mengetahui harga kolom besi untuk pondasi rumah Anda? Saat membangun rumah impian, tentu Anda tidak hanya memperhatikan estetika dan keindahannya. Hal yang juga sama pentingnya, yaitu kekuatan dan kekokohan rumah, juga tak boleh luput dari perhatian. Hingga rumah Anda tidak hanya indah dipandang mata, tapi juga aman untuk ditempati.

Hal ini dikarenakan Indonesia adalah salah satu negara dengan resiko gempa bumi yang tinggi. Maka membangun rumah yang kokoh dan kuat, tahan gempa adalah salah satu tantangan besar bagi para arsitek. Selain gempa, potensi bencana alam lainnya pun mengancam. Seperti angin topan atau banjir

Poin penting dalam hal rumah yang kuat ini adalah pondasi rumah, dan perhitungan untuk kolom dan tiang pancang yang tidak boleh meleset. Tak salah jika Anda juga mengetahui harga kolom besi terbaru agar bisa menganggarkan biaya yang tepat. mengingat harga beberapa bahan bangunan cenderung fluktuatif dan tergantung pada kurs mata uang rupiah. Misalnya besi.

Sebelum membeli besi tulangan ataupun kolom sebaiknya Anda melakukan pengukuran rencana pondasi terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar tidak ada besi yang terbuang karena kelebihan beli. Mengingat harga yang kian mahal karena permintaan yang meningkat, akibat pembangunan perumahan dan gedung yang kian banyak.

Selain memiliki pondasi yang kokoh, untuk membangun rumah yang kuat Anda juga harus mempersiapkan hal-hal lainnya. Beberapa elemen yang harus diperhatikan dengan baik di antaranya adalah

1. Pemilihan bahan yang tepat. Rumah yang terbuat dari batu dan beton memang lebih kuat dibandingkan dengan yang terbuat dari kayu. Tapi kayu memiliki kelenturan yang tinggi, hingga lebih cocok untuk wilayah yang tahan gempa. Itu sebabnya kebanyakan rumah di Jepang terbuat dari kayu.

2. Model tertentu. Di daerah yang rawan bencana alam, model rumah yang melebar cenderung lebih aman. Namun jika tinggal di daerah rawan banjir, tentu saja model bertingkat biasanya lebih banyak.

3. Pondasi yang kuat dan dikerjakan dengan benar. Pondasi model beton bertulang dengan besi sloof seperti ini relatif lebih kokoh dibandingkan dengan pondasi besi baja. Selain bisa digunakan untuk berbagai model bangunan dengan jumlah lantai beragam. Pondasi ini juga minim perawatan.

Selain pondasi, model, dan lokasi rumah, hunian yang nyaman akan memperhatikan pula sirkulasi udara, penggunaan warna cat di tiap ruangan, dll. Hingga setelah selesai, rumah akan menjadi hunian yang sesuai dengan ekspektasi pemiliknya.

Apa itu kolom besi?

Bagi mereka yang berkecimpung di dunia teknik sipil dan arsitektur, pasti tidak asing lagi dengan istilah ini. Secara ringkas, kolom adalah bagian dari pondasi bangunan yang berfungsi untuk menahan beban utama di atasnya. Kolom terdiri dari bahan besi dan beton, yang bersifat menahan tarikan dan tekanan beban.

Beton adalah bahan yang sifatnya tahan tekanan, sementara besi adalah bahan yang tahan tarikan. Jadi paduan antara besi sloof dan beton pada kolom akan bekerja menahan beban bangunan di atasnya dengan sempurna. Besi yang digunakan dalam kolom atau sloof beragam ukurannya. Untuk rumah tinggal biasanya berukuran diameter 10-12 mm. kolom ini adalah bagian yang sangat penting dalam pembuatan sebuah pondasi.

Pembuatannya juga tidak gampang. tukang bangunan harus menyusun empat batang besi dengan ukuran dan panjang yang sama, lalu mengikatnya dengan empat kawat. Namun saat ini di berbagai toko material, telah banyak dijual besi sloof yang telah diikat, jadi Anda tidak perlu repot dan menghabiskan banyak waktu dengan meminta tukang membuat besi sloof sendiri. Walaupun sebenarnya dari segi harga, membuat sendiri jelas akan jauh lebih hemat dan murah.

Tautan : Harga Pagar Panel Beton

Ada dua jenis kolom yang lazim digunakan dalam pondasi bangunan.
1. Kolom utama. Yaitu kolom yang berfungsi menahan beban utama bangunan. Harga kolom besi untuk pondasi ini beragam sesuai ukuran.

2. Kolom praktis. Yaitu kolom yang fungsinya membantu kolom utama, dan menjaga dinding agar lebih kokoh. Biasanya kolom praktis ini dijual sudah siap pakai. Tukang tidak perlu lagi menyusun besi-besi sloof satu persatu. Kolom praktis ini memiliki tiga jenis tulangan. Yaitu pondasi cakar ayam, beugel, dan sloof. Harga untuk model ini biasanya dihitung per m³.

Saat memilih besi sloof untuk kolom ini, perhatikan detail beberapa hal berikut:

1. Diameter besi. Karena ukurannya yang nyaris sama, akan sulit melihatnya secara sekilas. Sebaiknya Anda membawa alat meteran sendiri dan mengukurnya sebelum membeli.

2. Gelang pengikat. Beli dengan ukuran yang sama persis dengan yang kita butuhkan. Jika ukurannya tidak ada, lebih baik membeli yang ukurannya lebih kecil.

3. Kawat pengikat atau bendrat. Beli yang tidak berkarat, dan benar-benar kuat.

Bagaimana agar pondasi kuat dan kokoh?

Selain besi yang berkualitas bagus dan komposisi beton yang tepat, ada beberapa syarat agar suatu pondasi bisa dikatakan kuat dan kokoh.

1. Tanah yang digunakan keras, padat, dan rata. Hal ini sangat penting agar pondasi yang dipasang di atasnya bisa terpancang dengan kokoh dan kuat. Percuma saja memakai bahan dengan harga kolom besi yang mahal jika tanahnya belum padat dan stabil. Pondasi tidak akan kokoh.

2. Ukuran kolom yang sesuai. Kolom yang digunakan untuk bangunan memiliki ukuran tertentu. Biasanya 3,5 meter. Jika lebih dari ukuran itu, struktur bangunan harus dihitung ulang. Pondasi yang baik adalah pondasi yang ukurannya simetris.

3. Pastikan besi sloof mengikat dengan kuat. Caranya Anda harus membuat dinding dalam blok tertutup. Buat kolom atau sloof tiap 12m² dan pastikan kusen pintu dan jendela terpasang kuat dan tidak retak.

4. Perhitungan yang pas untuk campuran beton. Ini sangat krusial mengingat beton berfungsi sebagai penahan tekanan. Campuran yang tidak tepat atau diubah untuk mengurangi anggaran, akan berakibat buruk pada pondasi rumah.

Berapa harga kolom besi?

Naik turunnya harga ini mengikuti naik turunnya kurs mata uang rupiah dengan dollar Amerika. Harganya pun bervariasi menurut ukuran diameter besi. Untuk besi yang masih batangan tunggal untuk membuat kolom utama, harganya akan lebih murah dibandingkan dengan besi yang telah dirancang untuk kolom praktis. Walaupun untuk kemudahan kerja, kolom praktis jelas lebih baik.

Untuk besi sloof, diameter 8 mm berkisar antara Rp40.000 hingga Rp53.000 per 4 m. Sedangkan besi dengan diameter 10 harganya sekitar Rp90.000-Rp120.000 per 4 meter. Untuk pondasi cakar ayam, dengan ukuran 40×40 cm dan 50×50 cm berkisar antara Rp23.000-Rp40.000. Harga akan berbeda lagi untuk jenis tulangan lainnya, dan ukuran yang berbeda.

Selain itu, harga di tiap daerah juga akan berbeda, dipengaruhi oleh lokasi daerah, ongkos kirim, ketersediaan bahan, dll. Anda bisa mengecek harga pasti di daerah Anda pada toko bangunan kepercayaan Anda. Sekaligus memilih dan menentukan kebutuhan besi sloof untuk bangunan yang Anda inginkan. Selamat membangun.

Subscribe To Our Newsletter

Subscribe To Our Newsletter

Join our mailing list to receive the latest news and updates from our team.

You have Successfully Subscribed!

Mulai 87.500/Meter
BELI SEKARANG